Sabtu, 19 Februari 2011

Bayangan dalam fotografi

Dalam dunia fotografi pengetahuan dasar yang baik tentang cahaya sangat penting. Karena cahaya memiliki peranan utama dalam penentu eksposur dalam pemotretan. Kemudian tahap selanjutnya adalah mengerti tentang pencahayaan, sehingga dapat menciptakan karya foto yang baik dalam berbagai kondisi.
Sumber cahaya sangat beragam seperti matahari, berbagai macam jenis lampu dan benda lain yang berpendar. Setiap sumber cahaya memiliki karakteristik tersendiri sehingga diperlukan pengenalan khusus terhadap karakter setiap sumber cahaya.
Cahaya selain memiliki karakteristik juga dapat menimbulkan bayangan yang dihasilkan dari pantulan optis atau pun ruang yang gelap karena tidak terkena cahaya. Bayangan memberi kesan padat dan tiga dimensi. Hal ini merupakan faktor penting untuk menciptakan kesan kedalaman dan realitas. Faktor penting yang menentukan bagaimana bayangan terbentuk adalah arah dan kualitas cahaya yang mengenai objek tersebut.
Bayangan adalah padanan atau gambar optis suatu objek yang di bentuk oleh cermin, lensa, ataupun optis lainya. Pada hakikatnya bayangan merupakan kedudukan focus-fokus yang di bentuk oleh sistem optis dapat pula permukaan air, maupun lapisan-lapisan udara di atas aspal yang panas.
Bayangan dapat juga berarti kegelapan yang berbentuk dalam ruang dan tercetak pada suatu permukaan bila suatu objek yang tak tertembus cahaya memotong berkas-berkas sinar yang datang dari sumber cahaya, objek dan permukaan serta ukuran sumber cahaya dan objek akan menentukan apakah bayangan itu seluruhnya gelap ( umbra ) ataukah ada bagian ( luar ) yang setengah gelap ( penumbra ). Bila itu tidak menghalangi seluruh berkas cahaya, akan terjadi bagian setengah gelap dari bayangan.
” Ready to Fly” Zulvikar Anang Rivani,2005


Bayangan dalam artikasan adalah kesia-sianan yang tertinggal di belakang tetapi juga sekaligus  sebuah harapan mencari jati diri. Bayangan sesuatu yang selalu mengikuti dalam pikiran dan kehidupan serta menghuni dalam setiap di dalam ruang alam sadar maupun di alam bawah sadar.
Memahami bayangan dalam dunia fotografi dapat memperkaya wawasan kita dalam menciptakan karya fotografi. Selain memberikan elemen pendukung secara visual bayangan dapat memberikan arti yang lain dalam berkarya.
” You See !” Zulvikar Anang Rivani, 2005

1 komentar: