Selasa, 08 Maret 2011

PERALATAN LIGHTING

- Flash head
Lampu Flash standar yang umum digunakan pemotretan.  Lampu ini mengasilkan cahaya non-continuous atau sesekali memancarkan atau menembakan cahaya. Istilah Flash Standar juga sering disebut Flash strobe, studio flash atau flash head. Sumber daya adalah listrik dan kekuatanya diukur dalam WS ( wattsecond )
Portabel Flash Head
Lampu ini bersifat sama dengan Flash Head, namun kelebihanya mudah dipindah-pindahkan karena tidak membutuhkan daya listrik tetapi menggunakan baterai.
- Continus Head
Lampu yang menghasilkan cahaya bersifat terus-menerus. Pada umumnya digunakan untuk penerangan video, tetapi kadang dipakai untuk pemotretan.


- Standar Reflector
Merupakan aksesori standar dari sebuah lampu studio. Berbentuk parabola dan dilapisi materi berwarna perak didalamnya. Cahaya yang dihasilkan cukup keras dan terkonsentrasi. Standard reflector memiliki ukuran diameter yang berbeda-beda.
- Backlite Reflector
Reflector yang khusus digunakan pada lampu yang ditembakan kea rah background. Dengan bentuknya yang elips dapat menghasilkan bayangan cahaya yang lonjong pada background.
- Ring Flash
Ringflash lampu yang berbentuk melingkar. Biasanya digunakan untuk pemotretan clouse-up atau portrait. Lensa kamera dimasukan ke dalam bagian yang bolong dari ringflash, dan cahaya yang dihasilkan lebih merata keseluruh wajah sehingga nyaris tidak ada bayangan.
- Bran door
Empat besi yang dilengkapi engsel sehingga bisa dibuka-tutup. Digunakan untuk mengonsentrasikan arah lampu ke bagian tertentu. Terkadang juga digunakan untuk menghalangi arah lampu ke bagian-bagian tertentu.
- Honeycomb Grid
Grid yang terdiri dari sel-sel berbentuk heksagonal. Digunakan untuk melembutkan cahaya serta untuk mengonsentrasikan arah cahaya.
- Snoot
Aksesori  berbentuk kerucut dengan lubang kecil di ujungnya.dipasang pada lampu untuk menghasilkan cahaya yang sangat terkonsentrasi.
- Beauty Dish
Aksesori  lampu yang biasa digunakan untuk pemotretan portrait atau beauty. Dengan beauty dish, cahaya akan disebaran secara merata dan hasilnya cukup keras. Kelebihan lain dari beauty dish adalah pantulan cahaya yang berbentuk pada mata model.
- Soft Box
Aksesori  yang dibuat dari bahan transparan, yang digunakan untuk mengaluskan atau melembutkan cahaya. Biasanya sebuah softbox memiliki 1 atau 2 lapisan bahan transparan. Softbox memiliki beragam bentuk, yang umum digunakan adalah bentuk segi empat.
- Striplete Soft Box
Varian dari softbox berbentuk segiempat langsing memanjang. Biasanya digunakan untuk pencahayaan tubuh dari arah samping atau belakang.
- Silver Umbrella
Aksesori berbentuk payung yang digunakaan utuk memantulkan cahaya lampu. Cahaya yang dihasilkan bersifat menyebar dengan cukup keras dan merata. Biasnya umbrella memiliki lapisan dalam yang berbahan perak, emas, atau putih.
- Shoot - Through Umbrella
Varian dari umbella yang memiliki bahan transparan atau tembus pandang. Lampu dapat dipantulkan atau ditembak langsung ke umbrella, dan dapat mengasilkan cahaya yang cukup halus. Shoot-through umbrella juga sering disebut dengan istilah transparent umbrella atau umbrella tembus pandang.


- Octa Soft Box
Varian dari softbox yang berbentuk octagon atau segidelapan. Biasanya dipergunakan untuk pemotretan portrait atau beauty. Refleksi yang dihasilkan pada mata model akan menjadi berbentuk bulat.
- Reflector
Aksesori  yang digunakan untuk memantulkan cahaya dan mengisi daerah-daerah gelap. Tersedia dalam beberapa jenis warna seperti putih, hitam, emas, perak dan sebagainya. Biasanya sering digunakan pemotretan outdoor, tetapi sering juga digunakan di dalam studio.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar