Senin, 18 April 2011

Tips Membersihkan Sensor Kotor

Seringkali kamera digunakan untuk hunting outdoor dan seringnya mengganti lensa tentunya akan mengundang kotoran (debu) masuk kedalam kamera dan menempel di sensor. Karena debu menempel di sensor kamera menjadikan hasil photo kita terlihat noda-noda yang sangat menggangu. Sebenarnya tidak sulit dan tidak perlu takut untuk mencoba membersihkannya sendiri. Berikut ini saya mencoba untuk berbagi tips-nya:
Peralatan yang harus disiapkan sebagai berikut:
1. "Blower": sebuah alat penyemprot udara berukuran kecil berbahan karet
2. Kertas putih bersih
3. Ruangan bebas dari debu.



Langkah-langkah:
1. Tes kamera untuk memotret ke sebidang kertas putih. Hal ini untuk melihat seberapa kotor sensor kita. Jika terlihat kotor segera kita lakukan pembersihan dengan langkah berikut ini.
2. Buka set up menu pada kamera anda, kemudian pilih pada sub menu "Mirror lock-up" lalu tekan "Yes". Setelah itu tekan tombol "shutter/pelepas rana". Akan terdengar bunyi klik! Mirror telah terbuka!
3. Lepas lensa kamera dan anda bisa melihat sensor kamera.
4. Ambil "Blower" dan semprotkan beberapa kali terlebih dahulu. Hal ini untuk menghilangkan kemungkinan adanya kotoran atau zat cair. Setelah itu anda bisa arahkan "Blower" ke arah sensor kamera dan semprot beberapa kali. Ingat, ketika menyemprotkan "Blower" ke sensor, posisi kamera menghadap ke bawah ini maksudnya agar kotoran (debu) jatuh ke bawah.
5. Jika dirasa telah cukup, kamera bisa diposisikan di "off". Mirror akan otomatis menutup. Kemudian pasang kembali lensa anda ke kamera.
6. Lakukan test pemotretan kembali ke arah sebidang kertas putih. Bandingkan dengan hasil sebelum anda membersihkan dengan setelah dibersihkan. Jika masih kotor silahkan ulangi sekali lagi.

2 komentar:

  1. wah makasih infonya mas, artikelnya sangat membantu
    thank you :)

    BalasHapus
  2. Kalo kamera mirrorless apa sama caranya

    BalasHapus