Rabu, 08 Desember 2010

CAHAYA

Cahaya atau lighting merupakan unsur utama dalam fotografi sehingga tidak berlebihan jika seni fotografi dianggap sebagai teknik yang dihasilkan oleh para pelukis cahaya. Cahaya yang menyebabkan kita bisa melihat benda-benda di sekeliling kita. Dengan bantuan mata yang bisa menangkap semua gelombang cahaya yang dihasilkan atau dipantulkan oleh benda-benda di sekeliling kita. Benda yang dapat menghasilkan gelombang energi cahaya disebut sumber cahaya. Dalam fotografi sumber cahaya terdiri dua macam:



1. Cahaya alami:
Cahaya alami adalah cahaya bersumber dari alam seperti; matahari, bulan dan bintang. Bila anda mengandalkan pencahayaan dari alam seperti matahari, maka pemahaman golden moment akan cahaya matahari yang tepat merupakan modal utama untuk menhasilkan kualitas gambar yang baik. Pencahayaan alam mencapai puncak optimal justru saat matahari terbit dan menjelang terbenam. Untuk mendapatkan sinar yang lembut dan tidak keras seperti memotret model yang memerlukan kesan kelembutan dari objek, hindari sinar matahari secara langsung yang cenderung memberikan kesan keras terhadap objek.
2. Cahaya buatan/artifisial:
Yakni sumber cahaya yang dicitakan oleh manusia. Cahaya buatan terdiri dari dua yakni cahaya yang bersifat terus menerus dan bersifat sementara. Cahaya yang berifat terus menerus ( continuous )seperti bola lampu pijar, neon, senter, lentera dan lilin. Sedangkan yang bersifat sementara (non-continuous) seperti lampu studio dan Flash.
Kualitas cahaya
Kualitas cahaya dapat diartikan sebagai tingkat kekuatan sinar yang dilepaskan oleh sumber cahaya. Tingkat kekuatan sinar ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu :
1. Keras
Sinar ini dapat menimbulkan nada warna cahaya yang kontras antara gelap dan terang.
2. Sedang
Sinar ini dapat menimbulkan nada warna cahaya lembut antara gelap dan terang.
3. Lemah
Sinar ini dapat menimbulkan nada warna cahaya baur/tidak kentara antara terang dan gelap.

Sifat Cahaya
Cahaya memiliki beberapa sifat tertentu yakni :
o Cahaya bergerak pada garis lurus
o Cahaya bisa menembus
o Cahaya bisa memantul
o Cahaya bisa membias
o Cahaya bisa mengumpul dan menyebar
o Cahaya memiliki warna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar