Rabu, 02 Maret 2011

Posisi Lampu

Sesungguhnya fotografi adalah bermain dengan cahaya. Bila kita mampu memainkan dan menyiasati arah datangnya cahaya ke objek foto dengan baik dan benar, tentu akan menarik dan menghasilkan karya fotografi yang bagus. Dalam menentukan posisi lampu studio sebenarnya tidak ada ketentuan yang baku. Namun pada setiap pemotretan harus ada sebuah cahaya utama. Cahaya utama ini bias datang dari lampu flash, sinar matahari, cahaya ambient dan sebagainya.
Di dalam  pemotretan ada beberapa penentuan posisi lampu yang sering digunakan atau memposisikan lampu-lampu tersebut. Penentuan posisi lampu yang tepat dan intensitas masing-masing lampu akan menentukan kualitas cahaya pada foto anda.



Main light
Main Light  ( cahaya utama )atau sering disebut Key Light merupakan cahaya utama yang berfungsi menerangi objek. Pada umumnya main light diset pada intensitas cahaya yang paling besar dari lampu lainnya.
Fill in Light
Fill in Light adalah cahaya pengisi yang digunakan untuk membantu menerangi daerah yang gelap atau bayangan. Biasanya peletakan fill in Light berlawanan arah dengan main light. Intensitas fill in light biasanya lebih kecil dari main light.
Back Light
Back Light adalah cahaya yang digunakan untuk menerangi objek dari arah belakang. Back Light menyebabkan pinggiran objek menjadi berpendar, dan membantu memisahkan objek dengan background ( latar belakang ). Tanpa Back Light objek akan menyatu dengan latar belakang sehingga pinggiran objek tidak terdefinisi dengan baik.
Back Light kadang disebut juga dengan istilah  rim light. Banyak orang mengartikan rim light dengan cahaya yang menerangi dari arah belakang tetapi agak menyamping. Sementara Back Light didifinisikan cahaya yang benar-benar datang dari arah tegak lurus dari belakang.
Rim Light
Rim Light adalah cahaya yang datang dari arah belakang objek. Namun banyak orang yang berpendapat Rim Light dengan cahaya yang datang dari arah belakang namun menyamping. Rim Light juga digunakan  untuk menghasilkan pinggiran atau sisi-sisi objek menjadi berpendar. Rim Light menghasilkan cahaya aksen yang member tambahan dimensi atau kedalaman pada objek.

Background light
Background light merupakan cahya yang digunakan untuk menerangi latar belakang. Selain memberikan pencahayaan pada latar belakang, penggunaan Background light berguna untuk memisahkan anatar objek dengan latar belakang.
Hair Light
Hair Light adalah cahaya yang digunakan untuk menerangi rambut model. Hair Light menambah indah  sebuah foto model karena menghasilkan cahaya yang mengkilap pada rambut berkesan indah, lembut, sehat dan bercahaya.Tanpa Hair Light rambut akan tampak gelap dan tidak hidup. Hair Light dapat di hasilkan dengan menembakkan lampu dari belakang atau dari arah atas kepala model, yang arahnya langsung mengenai bagian rambut.
Catch Light
Catch light adalah refleksi atau pantulan cahaya yang terdapat pada model. Catch light dapat menambah hidup foto model atau portret.

1 komentar:

  1. Mantap... Lumayan nambah Ilmu..... tolong contoh gambar nya bossss

    BalasHapus